Rabu, 06 Juli 2011

Internet dan Pengembangan Bisnis

Menurut Peter Drucker, yang bisa membuat perusahaan bertahan di masa sekarang dan masa mendatang adalah inovasi dan pemasaran. Kedua hal ini harus terus menerus ada dan dikembangkan oleh perusahaan jika ingin maju dan bertahan.
Perlunya inovasi terus menerus karena perubahan yang terus terjadi baik secara internal maupun eksternal perusahaan.Perubahan tersebut terkadang terjadi dengan sangat cepat sehingga menuntut perusahaan juga mengembangkan inovasi dengan cepat.

Salah satu perubahan yang sedang terjadi adalah perubahan karena adanya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang, terutama internet. Internet memiliki berbagai karakteristik yang bisa menawarkan sesuatu yang berbeda. Beberapa karakteristik yang menyebabkan internet menjadi teknologi yang perlu diperhatikan oleh berbagai perusahaan adalah:

Pertama, internet adalah jaringan dari banyak jaringan (network of network). Internet menjadi jaringan terbesar yang pernah dibuat manusia sampai sekarang ini.Jaringan ini meliputi berbagai karakter dan komunitas manusia di dunia, dari berbagai kalangan dengan berbagai minat. Dengan besarnya jaringan yang dimiliki, maka peluaang perusahaan untuk memperluas target pasar juga semakin besar. Kondisi ini yang harus dimanfaatkan sepenuhnya oleh berbagai perusahaan di Indonesia untuk mencapai pasar yang lebih luas lagi melalui internet.

Kedua, dari sisi waktu akses internet tidak lagi dibatasi oleh jam resmi masuk kantor. Internet bisa diakses selama 24 jam penuh dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 365 hari penuh dalam setahun non stop.

Ketiga, dari sisi tempat internet bisa diakses oleh siapa saja dan di manapun dia berada selama memiliki akses untuk telekomunikasi. Dunia tidak lagi bisa dibatasi oleh batasan-batasan geografis karena akses global sekarang ini sudah bisa dilakukan di depan layar komputer.

Keempat, karena berbentuk digital maka kita bisa menyimpan dan menyajikan produk dan jasa yang kita miliki sebanyak-banyaknya. Perusahaan tidak perlu khawatir kurangnya tempat, karena internet memungkinkan penyajian produk dan jasa sebanyak-banyaknya.

Dengan berbagai kondisi di atas, banyak sekali implikasi internet yang mengubah berbagai proses dan strategi pemasaran perusahaan, di antaranya adalah:

Pertama: Pemanfaatan informasi oleh konsumen. Peran informasi dari sisi konsumen berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan. Ketika seseorang merasakan ada kebutuhan, ia akan mencari informasi bagaimana mencari solusi agar kebutuhannya bisa terpenuhi. Pada era internet, informasi akan beredar sangat cepat. Apa yang terjadi sekarang bisa langsung terekspose ke seluruh dunia tanpa ada yang bisa menghalangi. Jika dulu orang melakukan komplain terhadap sauatu produk atau jasa butuh beberapa waktu hingga dicetak oleh media, sekarang ini melalui email dan mailing list sudah langsung bisa dibaca oleh ratusan bahkan ribuan hingga jutaan orang.

Peredaran informasi yang sangat cepat menjadikan perusahaan sekarang ini dituntut mengembangkan layanan pelanggan yang lebih baik. Dengan kemampuan orang memberikan informasi yang begitu cepat, sedikit kesalahan akan membuat reputasi perusahaan terganggu.

Sumber informasi berkembang begitu banyak karena setiap orang dengan mudah bisa memberikan informasi. Arus informasi yang begitu banyak ini di satu sisi memang memudahkan konsumen, tetapi di sisi lain karena terlalu banyak bisa membingungkan konsumen dalam memilah informasi mana yang bisa dipercaya.

Perusahaan karena itu perlu membangun saluran akses terhadap informasi yang benar yang bisa menjadi rujukan bagi konsumen. Selain saluran kontak tradisional yang selama ini ada, website sebagai rujukan informasi resmi mendapatkan posisi yang signifikan dalam hal ini.

Cara orang mendapatkan informasi juga mengalami perubahan yang signifikan. Jika dulu orang mencari informasi melalui media-media tradisional, sekarang ini internet adalah salah satu media yang sangat penting sebagai sumber informasi. Dengan kemampuan internet yang sangat besar, segala macam informasi tersedia. Orang tinggal mencari pada mesin pencari (search engine) tentang suatu masalah yang diinginkan, dan dalam sekejap semua informasi yang dibutuhkan sudah tersedia.

Dengan semakin banyaknya informasi yang bisa diakses oleh konsumen, harapan konsumen akan suatu produk atau jasa menjadi semakin besar. Harapan itu semakin besar jika konsumen melihat perbandingan apa yang ditawarkan oleh para pesaing dan juga produka atau jasa sejenis di luar negeri. Tidak bisa tidak, dalam era internet sekarang ini, perusahaan cenderung akan semakin sulit memuaskan konsumen. Dibutuhkan pengetahuan pasar yang lebih integral untuk memprediksi dan menangkap kebutuhan konsumen di masa sekarang dan masa depan.

Implikasi kedua adalah sumber keunggulan bersaing yang berubah. Salah satu tantangan lain dari internet adalah kemudahan konsumen dalam mendapatkan informasi strategis, termasuk harga. Konsumen dengan mudah membandingkan harga antara satu produk atau jasa dengan yang lain. Kecenderungan produk atau jasa untuk menjadi komoditas semakin besar. Perusahaan akan semakin sulit mengandalkan harga sebagai keunggulan bersaing, perlu dicari sumber-sumber baru keunggulan bersaing perusahaan.

Implikasi ketiga adalah mata rantai nilai yang berubah. Karena internet berupa jaringan di mana informasi mengalir, mata rantai nilai yang selama ini dijalankan bisa berubah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan dalam menggunakan internet secara maksimal. Jalur distribusi misalnya, pada beberapa perusahaan yang sudah menerapkan belanja online melalui ecommerce, bisa memotong beberapa jalur distribusi ke konsumen.Sekarang ini dengan infrastruktur yang belum memadai, perubahan mata rantai nilai ini mungkin belum terasa. Tetapi di masa depan, penguasaan terhadap mata rantai nilai akan menjadi salah satu keunggulan bersaing yang signifikan.

Karena itulah, pada kondisi sekarang ini, sangat mungkin bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan internet semaksimal mungkin. Dengan internet, memungkinkan proses transaksi bisnis dilakukan melintasi batas waktu, juga melebarkan pasar ke berbagai wilayah baik nasional maupun mancanegara. Inilah yang disebut sebagai E-Commerce.

Tidak ada komentar: