Rabu, 06 Juli 2011

Model Bisnis e-Commerce

Ada beberapa model bisnis yang bisa dilakukan pada e-Commerce, di antaranya adalah:

1. Jual Beli Online.

Pada model bisnis ini, yang dilakukan perusahaan adalah melakukan penjualan secara online.Produk yang dijual bisa berasal dari produksi sendiri maupun didapatkan dari supplier yang menjalin kerjasama.Perusahaan mengembangkan sistem penjualan online sendiri, melakukan kerjasama dengan supplier, kurir, dan juga perbankan sebagai sarana pembayaran.

Perusahaan mendapatkan keuntungan dari “fee atau komisi penjualan” yang besarannya bervariasi sesuai dengan kesepakatan supplier.Pada model ini, perusahaan berfungsi sebagai toko yang menjual beraneka produk, baik produk sendiri maupun produk dari supplier.

Contoh perusahaan yang melakukan jual beli online di Indonesia di antaranya adalah:

·         Glodokshop.com (www.glodokshop.com), toko online yang menjual produk-produk elektronik.
·         Indokado.com (www.indokado.com), toko online yang menjual bunga dan kado.
·         Toko Buku Gramedia (www.gramediaonline.com), toko online yang menjual buku. Ada juga Kutukutubuku (www.kutukutubuku.com) yang juga menjual buku.


Lelang Online.

Pada model bisnis ini, perusahaan mengelola proses pelelangan secara online. Perusahaan dalam hal ini mendata orang-orang yang ingin menawarkan barangnya. Di sisi lain, perusahaan juga melakukan penawaran secara online kepada para peminat untuk membeli produk tersebut secara lelang. Artinya, perusahaan menawarkan barang yang dilelang kepada peminat dengan harga tertinggi.

Untuk menjaga agar proses pelelangan berjalan dengan baik, maka perusahaan melakukan pendataan secara lengkap dan melakukan verifikasi apakah data yang disampaikan benar atau tidak. Secara prinsip, model bisnis ini sama dengan rumah lelang atau balai lelang yang ada, tetapi dijalankan secara online.

Perusahaan mendapatkan keuntungan dari komisi yang dihasilkan dari proses pelelangan. Semakin banyak barang yang dilelang maka akan semakin besar keuntungan yang didapatkan perusahaan. Kunci sukses dari usaha ini adalah kepercayaan dari setiap penjual dan pembeli akan barang yang dilelang.

Beberapa contoh perusahaan yang menjalankan bisnis secara online, di antaranya adalah:·         eBay.com (www.ebay.com), perusahaan lelang online tertua di dunia. 

Tidak ada komentar: